Tahap Menulis



Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan gagasan, pikiran, pengalaman dan pengetahuan ke dalam bentuk catatan dengan menggunakan aksara, lambang atau simbol yang dibuat secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Menulis merupakan salah satu kegiatan yang kompleks mencakup gerakan jari, tangan, lengan dan mata secara terintegrasi. Menulis bukanlah keahlian yang tiba-tiba muncul begitu saja. Menulis dapat diasah dan dipelajari melalui tahap-tahap menulis. Berikut ini adalah tahap-tahap menulis.
Tahap menulis dibagi menjadi tiga garis besar yaitu tahap pra menulis, tahap menulis dan tahap pasca menulis, berikut ini adalah penjelasan dari tahap-tahap menulis.
1.       Tahap Pra menulis
  Tahap perencanaan atau persiapan menulis yang mencakup beberapa langkah kegiatan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah menentukan topik, menentukan tujuan penulisan, membuat kerangka tulisan.
a.       Menentukan Topik
Langkah awal untuk mememulai menulis adalah dengan memikirkan dan menentukan ruang lingkup topik. Topik merupakan pokok bahasan atau pembicaraan yang akan dipaparkan. Topik sebenarnya bersifat umum namun bisa juga spesifik.
Topik yang umum memberi gambaran cakupan bahasan akan membahas semua aspek dalanm topik. Penulis harus bisa menyempitkan topik sampai pada topik yang spesifik.
b.      Tujuan Penulisan
Sebelum memulai menulis, entah itu cerpen, artikel atau apapun sebaiknya penulis terlebih dahulu menentukan tujuaannya. Tujuan itu beragam dan sesuai kepentingan atau keinginana penulis. Ada yang bertujuan sekadar untuk diri sendiri. Ada juga yang menulis untuk mengungkapkan isi hatinya, sebagian yang lain ingin agar karyanya diterbitkan agar dapat terkenal, dapat royalti, popularitas dan sebagainya. Tujuan yang jelas akan sangat menentukan kadar kualitas tulisan yang akan ditulis.
c.       Membuat Kerangka Tulisan
Kerangka merupakan gambaran tulisan yang akan ditlis, yang dirancang sebelum penulis memulai menulis. Kerangka atau struktur tulisan akan sangat membantu khususnya bagi penulis pemula.
2.       Tahap Menulis
Tahap penulisan merupakan tahap pembahasan dan pengembangan gagasan menjadi suatu karangan yang utuh. Pada tahap ini kita harus mampu memilih kata dan istilah kata sehingga gagasan dapat dipahami pembaca. Kata-kata itu dirangkaikan menjadi kalimat-kalimat yang efektif. Tahapan ini juga perupakan tahap pengembangan kerangkan dan kreativitas. Penulis juga dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti perpustakaan, para ahli, media massa, atau internet. Namun jika mengutip bahan tulisan sebaiknya sertakan identitas agar tidak terjadi tindak plagiarisme.
3.       Tahap Pasca Menulis
Tahap pasca menulis ada dua yaitu revisi dan publikasi. Tahap revisi merupakan tahap penelitian secara menyeluruh mengenai logika, sistematika, ejaan, tanda baca, pilihan kata, kalimat, paragraf, pengetikan catatan kaki dan daftar pustaka, dan sebagainya. Tahap ini sangat diperlukan karna dibutuhkan tulisan yang baik dan benar.  Yang kedua adalah  tahap publikasi, setelah hasil tulisan direvisi atau diedit kita dapat mempublikasikan baik melalui internet, melalui akun pribadi ataupun mengirimkannya ke media cetak. 

Nah uraian diatas merupakan sedikit uraian mengenai tahap-tahap menulis. Masih banyak tahap-tahap menulis yang dapat kita lakukan untuk memulai menulis. Maka mulailah menulis dan lihat tulisan dari sisi yang berbeda, maka kata tak akan menghentikanmu untuk  terus menulis.




Komentar

Postingan Populer