Menulis untuk Diri Sendiri



 Menulis ??
Menulis ?? ya seperti yang sama-sama tahu, kita belajar menulis dari SD, Mungkin juga TK. Apa sih arti menulis ?? menulis adalah menuangkan gagasan, pendapat, perasaan, keinginan, dan kemauan. Hal ini berarti menulis mengandung makna menyampaikan pikiran, perasaan, atau pertimbangan melalui tulisan. Mendengar kata menulis ada beragam anggapan tentunya. Ada yang berpendapat mudah dan sebaliknya. Namun jika kita mempunyai niat yang kuat untuk menulis. Kita pasti akan bisa menulis, karena keterampilan menulis dapat dilatih dan syarat utama agar bisa menulis adalah memulai. Setelah kita mengetahui arti menulis, apasih sebenarnya manfaat menulis ?? menulis mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu :
1.      1. Media Belajar
Saat kita belajar tentunya tak hanya menyimak, mendengarkan dan membaca. Menulis juga dapat dijadikan sebagai media belajar. Dengan menulis seseorang dapat menyerap lebih cepat ilmu-ilmu yang telah di dapat dari membaca menyimak dan mendengarkan.menulis juga dapat menjadi media recheck apa yang telah diperoleh dalam pembelajaran.
2.      2. Meningkatkan Kreatifitas
Saat seseorang sudah mulai terbiasa menulis maka ia akan cenderung memiliki semagat menulis yang menggebu-gebu. Hal ni dapat dijadikan dasar bagaimana pikiran-pikiran kita yang terus bekerja dapat meningkatkan kreatifitas.
3.      .3. Memahat Kenangan
Banyak kenangan-kenangan yang kita alami dan mungkin akan kita lupakan kelak dikemudian hari. Jangan sampai kenangan itu hilang begitu saja, maka menulislah . maka kita akan dapat terus mengingat peristiwa yang menjadi kenangan untuk kita
4.      4. Membentuk Pribadi dan Menemukan Solusi
Dengan menulis maka kita akan menuangkan rasa yang terpendam dalan jiwa yang tak dapat diungkapkan oleh kata. Biasanya setelah kita mengungkapkan suatu perasaan atau permasalahan kita dan dapat lebih mudah menentukan solusi terbaiknya yaitu solusi dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini juga dapat mempengaruhi terbentuknya pribadi kita sehingga kita dapat behati-hati dalam bersikap, santun dan lebih bijak.
5.      5. Terapi Psikologi
Terkadang ada saatnya dimana kita merasa galau namun kita tak dapat mengungkapkan hal tersebut pada siapapun, pada hal saat kita memendam perasaan kita lebih mudah stress bahkan dapat menyebabkan penyakit darah tinggi. Pada saat itu menulislah. Tuliskan apa yang igin Anda ungkapkan dan itu akan dapat merilekskan pikiran-pikiran Anda.

Dari bebrapa manfaat menulis yang ada diatas tentunya masih banyak lagi manfaat menulis yang lain. Masihkah berpikir dua kali untuk menlis ?? Tentunya tidak bukan ?
Menulislah maka akan ada ketenangan di hati. Menulis, menulis, dan menulislah maka akan ada manfaat yang akan kita dapatkan. Yuk mulai menulis …

Komentar

Postingan Populer